Jelajahi Nusantara: Berikut Pesona 5 Bunga Eksotis Indonesia

Updated on   by  Ashley Gororo
Jelajahi Nusantara: Berikut Pesona 5 Bunga Eksotis Indonesia

ON THIS PAGE

Hi Blooms!

Kalau bicara soal Indonesia, hal apa sih yang biasanya terlintas di kepala?

Biasanya yang muncul di pikiran kita pantai yang indah, hutan lebat, dan yang sudah pasti, kebudayaan yang seru dan beragam. Tapi tahukah kamu, di samping sebegitu banyak kekayaan alam yang kita miliki, surga tropis ini juga punya koleksi bunga-bunga eksotis yang luar biasa? 

Penasaran? Pada kesempatan ini Million Bloom akan mengupas tuntas tentang bunga eksotis Indonesia. Ayo, ikut kita jalan-jalan ke alam bunga Indonesia yang luar biasa, di mana setiap kelopak punya cerita unik! 

 

Baca Juga: 5 Bunga Terwangi di Dunia: Bukan Hanya Mawar, lho!

 

Ragam Bunga Eksotis Indonesia
bunga eksotis indonesia

Rafflesia Arnoldii

Perjalanan kita dimulai dengan bunga terbesar di dunia - Rafflesia Arnoldii. Kalian pasti sudah kenal dong sama yang ini. Ukurannya luar biasa besar, bahkan ada yang lebarnya lebih dari satu meter! Biasanya bunga kan wangi ya, yang ini tidak. Dikenal dengan nama panggilan “bunga bangkai” aroma yang dihasilkan oleh bunga ini mirip bau "mayat".

 bunga eksotis indonesia

Amorphophallus Titanium

Membahas soal aroma yang gak biasa, kita juga punya Amorphophallus Titanium, bunga lain yang dikenal sebagai "bunga mayat" atau "lilin voodoo." Bunganya punya bau yang cukup identik dengan bau daging yang membusuk. Kamu mungkin bertanya, "Kenapa sih ada yang mau tumbuhin bunga bau begitu?" Walaupun baunya agak aneh, penampilannya yang mencolok nan unik bikin kita lupa sama aromanya.

 bunga eksotis indonesia

Orchid 

Sekarang, mari beralih ke sesuatu yang lebih wangi. Indonesia punya banyak anggrek. Berapa? Lebih dari 5.000 spesies anggrek, bikin pecinta anggrek serasa hidup di surga. Mulai dari Vanda Miss Joaquim yang elegan sampai dengan Paphiopedilum rothschildianum yang cantik, bunga-bunga ini menjadi bukti kalau alam itu seniman yang luar biasa hebat.

Frangipani Ikonik Bali

Membayangkan surga tropis, pasti teringat akan Bali. Dan kalo lagi mikirin Bali, pasti teringat aroma bunga Frangipani (Plumeria). Bunga yang wangi banget ini identik dengan keindahan Bali yang tenang. Kelopaknya yang berbentuk bintang dalam warna putih, pink, dan kuning sering kita lihat di kuil, taman, atau di balik telinga penduduk setempat dan turis.

 bunga eksotis indonesia

Edelweiss Jawa

Indonesia bukan cuma soal pantai dan hutan lebat, loh. Kalau kamu jalan-jalan ke pegunungan tinggi di Jawa, kamu bisa menemukan bunga Edelweiss yang cantik (Anaphalis javanica). Iya, ini Edelweiss yang sama yang bikin anak-anak von Trapp kagum di film The Sound of Music. Bunga alpen yang anggun ini tumbuh di gunung dengan kelopak yang lembut dan putih, dan merupakan simbol kekuatan dan kemurnian.

 

 Baca Juga: Kisah Keanggunan Abadi dalam Makna Bunga Anggrek

 

Hal Apa yang Membuat Bunga Eksotis Indonesia Disebut Demikian?


Istilah "eksotis" dalam konteks flora (tumbuhan) merujuk pada tumbuhan yang tidak umum atau tidak lazim di suatu wilayah atau lingkungan tertentu. Ada beberapa faktor yang dapat membuat sebuah flora dianggap eksotis:

1. Asal Usul yang Berbeda:

    Flora eksotis sering berasal dari wilayah atau negara yang berbeda. Ketika tumbuhan tersebut ditemukan di suatu tempat yang jauh dari habitat aslinya, mereka dianggap eksotis di wilayah tersebut.

    2. Tampilan yang Unik:

      Flora eksotis sering memiliki penampilan yang unik atau tidak biasa, termasuk bentuk, warna, atau ukuran yang mencolok. Ini dapat membuat mereka menarik perhatian dan dianggap istimewa.

      3. Keragaman Biologi:

        Tumbuhan eksotis juga dapat memiliki sifat-sifat biologi atau ekologi yang tidak umum di wilayah tertentu. Misalnya, tumbuhan yang berbunga hanya pada waktu-waktu tertentu atau memiliki pola pertumbuhan yang tidak biasa.

        4. Keterbatasan Geografis:

          Faktor geografis, seperti perbatasan negara atau geografi yang berbeda, dapat membuat sebuah tumbuhan dianggap eksotis jika ia tumbuh di luar wilayah aslinya.

          5. Keunikan Kultural:

            Kadang-kadang, tumbuhan dianggap eksotis karena mereka memiliki nilai penting dalam budaya atau tradisi tertentu. Mungkin digunakan dalam upacara adat atau memiliki makna simbolis.

            Biarpun begitu, perlu diingat bahwa istilah "eksotis" relatif dan bisa berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Sesuatu yang eksotis di satu wilayah mungkin tidak akan dianggap eksotis di wilayah lain yang merupakan habitat alami tumbuhan tersebut. 

             

            Baca Juga: Kisah Bunga Higanbana: Bunga Kematian di Kimetsu no Yaiba

             

            Kesimpulan

            Jadi, di Indonesia, bunga-bunga eksotisnya memang seberagam dan semenakjubkan pemandangannya. Mulai dari Rafflesia super besar sampai dengan Frangipani yang harum banget, bunga-bunga ini membawa kita ke warisan alam Indonesia yang kaya. Jadi, cobalah luangkan waktu sebentar untuk menikmati keindahan alam yang Indonesia tawarkan. Baik kamu pecinta botani, wisatawan yang penasaran, atau hanya orang yang suka melihat keindahan alam, bunga-bunga eksotis Indonesia pasti akan membuatmu tersenyum lebar.

            Pahami dan apresiasi keindahan flora tanah air bersama Million Bloom.

            Published on  Updated on   by  Ashley Gororo
            floating-banner

            Toko Bunga Million Bloom

            Toko bunga online yang menjangkau seluruh Indonesia. Lahir dari tangan profesional dan bunga lokal, kami siap menerima pesanan anda, dari manapun dan kapanpun. Lebih dari itu, kami menawarkan opsi pengiriman same day dan gratis ongkir yang dijamin oleh kurir terpercaya? Di Million Bloom aja!

            Kami memiliki toko bunga di Jakarta, Medan, Lampung, Surabaya dan 50 kota lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, langsung pesan sekarang! Ikuti juga akun Instagram Million Bloom di @themillionbloom, Twitter di @millionbloom, dan TikTok @millionbloom untuk berbagai informasi terbaru tentang produk bunga kami serta promo menarik.