Apakah Muntah Membatalkan Puasa? Tidak, Jikalau...

Jika seseorang muntah dengan sengaja, maka puasa yang sedang dijalankan akan otomatis dinyatakan batal. Tapi, kalau misal ga disengaja gimana? Puasanya batal gak, ya? Yuk, baca lebih lanjut pendapat ulama.

Updated on   by  Jeje Hanson
Apakah Muntah Membatalkan Puasa? Bisa Jadi, Bisa Enggak

ON THIS PAGE

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! 

Udah puasa setengah hari, buka tinggal setengah jam lagi, eh, muntah. Panik ga, tuh? Tenang, gaes. Puasa kamu belum tentu batal, kok. Yuk, sambil bayangin es teh manis, mari kita bahas tipis-tipis: apakah muntah membatalkan puasa? Kayaknya iya, deh.

Baca juga: Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Ini Fakta dan Hukumnya

Muntah Saat Puasa, Batal Nggak, Ya?

Apakah muntah membatalkan puasa?

Assalamualaikum, Blooms! Pertama dan utama sekali, ayo kenalan dulu sama yang namanya "mufrad." Bukan merk obat, tapi istilah muntah yang terjadi sekali aja. Menurut para ulama, kalau kamu mengalami mufrad saat puasa, puasa kamu nggak bakal batal. 

Ko gitu, bang? Soalnya, muntah yang gak disengaja (ghalabah) itu di luar kendali kita. Jadi puasanya tetep dianggap sah. Bayangin aja kaya lagi di KRL (apalagi pas transit di Manggarai), penuh sesak, terus orang pada dorong-dorongan sampe kamu muntah. Masak gara-gara itu puasanya batal? Yang benar aje, rugi, dong! 

Sesuai dengan hadits yang dicatatkan oleh Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasa'i berikut ini: 

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - - مَنْ ذَرَعَهُ الْقَيْءُ فَلَا قَضَاءَ عَلَيْهِ, وَمَنْ اسْتَقَاءَ فَعَلَيْهِ اَلْقَضَاءُ - رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ

Artinya: "Siapa saja yang muntah, maka ia tidak berkewajiban qadha (puasa). Tetapi siapa saja yang sengaja muntah, maka ia berkewajiban qadha (puasa)." 

Jadi, bisa disimpulkan kalau orang yang ngga sengaja muntah, puasanya boleh dilanjutin. Tapi ada beberapa syaratnya, nih.

Syarat-syarat untuk muntah yang tidak membatalkan puasa

  • Muntahnya tida disengaja atau ghalabah: Alias mual tiba-tiba dan bleugh–keluar semua yang ada di perut. Kalo kata para ustaz dan NU Online puasanya tetap sah! Tapi perlu kamu catat, secara 100%, kamu ngga ngelakuin hal-hal yang memicu muntah dengan disengaja (misal: memasukan jari ke tenggorokan, nah lho). 
  • Makanan yang kamu muntahin nggak masuk lagi ke perut: Ini penting banget! Kalau makanan yang kamu muntahin malah ditelan lagi, ya batal puasanya. Jadi, pas muntah, usahakan buat keluarkan semuanya. Jangan ditelan lagi.
Rp2499K
Passionate Love

Passionate Love

Rp749K
Heavenly Whites

Heavenly Whites

Rp499K
Pure Love

Pure Love

Rp599K
Never Forgotten

Never Forgotten

Rp599K
Milestone Moment

Milestone Moment

Rp599K
Everlasting Euphoria

Everlasting Euphoria

Rp1299K
Deepest Sympathy

Deepest Sympathy

Rp1499K
Applause Assortment

Applause Assortment

Rp1699K
Festive Fiesta

Festive Fiesta

Rp449K
Moonlit Roses

Moonlit Roses

Rp849K
Blossom Bear

Blossom Bear

599K
Amore Rosebud

Amore Rosebud

Terus, Muntah Bagaimana Yang Batalkan Puasa?

cewek sakit dan menahan muntah

Tapi gimana kalau kamu muntahnya berkali-kali alias muntah berulang (muntah mutawassil)? Nah, ini baru perlu diwaspadai. Menurut pendapat jumhur ulama (pendapat mayoritas), puasa kamu bisa jadi batal. Alasannya, muntah berulang bisa jadi indikasi kamu lagi sakit dan nggak kuat untuk puasa. 

Kemudian, masih merujuk pada hadits oleh Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasa'i, ada satu lagi jenis muntah yang membatalkan puasa. Yaitu, muntah yang disengaja. Ya, pasti aja, guys.

Baca juga: 10 Makanan Berbuka Puasa Lezat Namun Praktis dan Mengenyangkan!

Tips Agar Puasa Lancar dan Ga Diganggu Muntah

keluarga cemara berbuka bahagia

Biar puasamu semakin lancar dan dijauhkan dari yang namanya muntah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakuin:

  • Sahur yang secukupnya: Jangan kalap pas sahur sampe kekenyangan. Makanlah secukupnya dan pilih makanan yang nggak gampang bikin mual. Hindari makanan yang terlalu pedas atau berlemak. 
  • Minum air putih yang banyak saat buka puasa: Dehidrasi bisa jadi salah satu penyebab muntah. Makanya, pastikan kamu cukup minum air putih saat berbuka dan sahur.
  • Kelola stress: Stress juga bisa bikin perut kita bermasalah. So, tetap jaga suasana hati biar tetep tenang dan puasa bisa dijalanin dengan lancar.

Tetap Semangat Jalani Ibadah Puasa

Jadi, apakah muntah membatalkan puasa? Bisa iya, bisa engga. Tergantung muntah nya gimana. Tapi, inget, guys! Puasa itu ibadah, dan ibadah itu niatnya untuk buat kita jadi lebih baik. Kalau kamu nggak sengaja muntah dan puasa kamu batal karna ga kuat lagi, tetap semangat dan jangan putus asa.

Yang penting niatnya tetep ada dan puasanya bisa diganti dengan puasa qadha di hari lainnya. So, menyala, abangku! Semoga bulan Ramadhan kali ini berjalan dengan lancar dan berkah untuk kita semua. 

Published on  Updated on   by  Jeje Hanson
floating-banner

Toko Bunga Million Bloom

Toko bunga online yang menjangkau seluruh Indonesia. Lahir dari tangan profesional dan bunga lokal, kami siap menerima pesanan anda, dari manapun dan kapanpun. Lebih dari itu, kami menawarkan opsi pengiriman same day dan gratis ongkir yang dijamin oleh kurir terpercaya? Di Million Bloom aja!

Kami memiliki toko bunga di Jakarta, Medan, Lampung, Surabaya dan 50 kota lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, langsung pesan sekarang! Ikuti juga akun Instagram Million Bloom di @themillionbloom, Twitter di @millionbloom, dan TikTok @millionbloom untuk berbagai informasi terbaru tentang produk bunga kami serta promo menarik.