Rahasia di Balik Warna-warni Bunga Tulip

Updated on   by  Laila Larasati
Rahasia di Balik Warna-warni Bunga Tulip - The Million Bloom®

ON THIS PAGE

Bunga tulip adalah salah satu jenis bunga yang sangat populer di seluruh dunia karena keindahan dan keanekaragaman warnanya.

Bunga ini merupakan salah satu jenis bunga yang terbilang langka di Indonesia, karena bunga ini kebanyakan tumbuh di Asia Tengah dan Eropa. Mau tau lebih lengkapnya lagi? Yuk, bahas bareng Million Bloom!

Meskipun bunga ini dikenal berasal dari Belanda, ia aslinya bukan berasal dari negara kincir angin tersebut. Melansir dari laman Amsterdan Tulip Museum, tulip memulai hidupnya sebagai bunga liar di pegunungan Pamir dan Tien Shan di Asia Tengah dan pegunungan Kaukasus, yang membentang dari Rusia selatan hingga dataran tinggi dan puncak Turki dan Iran.

Baca juga: 10 Arti Bunga Tulip Trend Tiktok Berdasarkan Warna! Ada Makna Dibaliknya!

Karena perkembangan perdagangan antar negara, tulip pun dibawa ke negara lain seperti Jerman, Austria, Perancis, dan Inggris, sebelum masuk ke Belanda. Ia semakin marak digemari pada sekitar awal abad ke-17. 

Tulip hadir dengan berbagai warna indahnya, di mana setiap warna memiliki arti dan simbolikanya sendiri yang dapat memberikan pesan yang kuat terhadap penerima.

Warna ungu

Karena dulunya perwarna ungu sangat mahal dan dihormati, gak sembarang orang bisa memakai pakaian berwarna ini. Bahkan, pada tahun 1500-an, Ratu Elizabeth I pernah melarang semua yang bukan anggota kerajaan untuk mengenakan warna ungu. Meskipun kini warna ungu jadi favorit dan populer, ungu tetap dipakai sebagai simbol kerajaan dan keanggunan.

Warna putih

Tulip putih adalah dipercayai sebagai medium yang bagus untuk mengungkapkan kata maaf ataupun belangsungkawa. Warna putih juga juga mewakili kemurnian, kehormatan, dan kesucian.

Alasan itulah yang membuat warna ini sering terlihat pada acara keagamaan, sepertipembaptisan, atau bar mitzvah. Kepercayaan turun temurun juga mengatakan bahwa mereka yang bermimpi tentang tulip putih akan mengalami awal yang baru atau awal yang baru dalam hidup.

Warna merah muda

Bunga tulip warna merah muda disimbolkan sebagai warna untuk mengucapkan selamat, baik untuk merayakan promosi pekerjaan, kelahiran bayi baru, sampai merayakan wisuda.Tulip warna ini disimbolkan sebagai “pengirim” keberuntungan dan harapan baik kepada siapa pun yang menerimanya.

Warna biru

Tulip biru adalah bunga yang langka dan tidak biasa, karena tidak muncul secara alami. Oleh karena itu, makna tulip biru sering dikaitkan dengan keunikan, kelangkaan, dan individualitas. 

Di beberapa budaya, bunga tulip biru juga bisa melambangkan kepercayaan, kesetiaan, dan rasa tenang atau tenteram. Selain itu, biru sering dikaitkan dengan langit dan air, yang dapat menambah kesan kedalaman dan misteri pada simbolisme tulip biru. 

Warna kuning

Bunga tulip berwarna kuning sebelumnya sering dikaitkan dengan perasaan cemburu. Namun dalam beberapa tahun terakhir, ia dijadikan simbol yang melambangkan kebahagiaan, keceriaan, dan harapan. 

Orang-orang pada era Victoria bahkan percaya bahwa tulip kuning secara harfiah berarti “Ada sinar matahari di senyum kamu.” Karena alasan inilah tulip kuning menjadi hadiah yang populer, karena pasti semua yang menerimanya akan membuat siapa pun tersenyum. 

Menanam tulip kuning di halaman depan juga diyakini bisa membawa keberuntungan dan kemakmuran.

Warna merah

Seperti warna merah di kebanyakan bunga, warna merah di tulip juga mengartikan perasaan romantis, gairah, cinta, dan nafsu. Simbol ini lah yang menjadikannya pilihan yang sangat populer untuk pasangan baru yang lebih muda. 

Tulip merah juga bisa berarti meminta kepercayaan kepada seseorang, atau  meyakinkan perasaan yang ia punya benar adanya. Jadi, jika kamu mencoba merayu orang yang dikagumi, kamu bisa kirimi dia karangan bunga tulip merah.

Warna oranye

Tulip berwarna oranye mengindasikan simbol kebahagiaan dan kehangatan. Selain itu, ia juga dapat melambangkan keberuntungan. Di Eropa, orang-orang memberikan bunga tulip oranye sebagai hadiah untuk ibu baru, dengan harapan keberuntungan selalu menyertai hidup bayi tersebut. Jika diberikan kepada teman, bunga tulip oranye juga dapat memberikan semangat agar tetap ceria.

Warna Bunga Tulip yang Bagus untuk Taman Anda

Bunga tulip merupakan pilihan yang indah untuk menghiasi taman Anda. Namun, untuk mendapatkan hasil yang memukau, pemilihan warna bunga tulip yang bagus adalah kunci utama. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai warna bunga tulip yang akan memberikan pesona tersendiri pada taman Anda.

  1. Merah yang Mempesona: Bunga tulip merah adalah simbol cinta dan gairah. Warna merah yang kuat akan menghadirkan kilau istimewa pada taman Anda. Tambahkan beberapa bunga tulip merah di antara tumbuhan lain untuk menciptakan kontras yang menakjubkan.
  2. Kuning yang Ceria: Warna kuning mewakili keceriaan dan kebahagiaan. Bunga tulip kuning akan memberikan tampilan yang cerah dan menyenangkan pada taman Anda. Mereka juga sering digunakan untuk menyambut musim semi yang baru.
  3. Putih yang Elegan: Bunga tulip putih menciptakan kesan keanggunan dan kebersihan. Mereka cocok untuk taman formal maupun taman berkonsep minimalis. Tambahkan sentuhan putih untuk menciptakan nuansa yang elegan.
  4. Ungu yang Mistis: Warna ungu bunga tulip adalah pilihan yang unik dan mistis. Mereka menambahkan unsur misteri pada taman Anda dan akan menjadi sorotan di antara tumbuhan lainnya.

Kesimpulan

Dengan memilih warna bunga tulip yang bagus, Anda dapat menciptakan taman yang memikat mata dan menyenangkan jiwa. Jangan lupa untuk merawat dan menyayangi bunga tulip Anda agar mereka tetap berbunga indah setiap musim. Semoga tips ini membantu Anda membuat taman yang luar biasa!

Published on  Updated on   by  Laila Larasati
floating-banner

Toko Bunga Million Bloom

Toko bunga online yang menjangkau seluruh Indonesia. Lahir dari tangan profesional dan bunga lokal, kami siap menerima pesanan anda, dari manapun dan kapanpun. Lebih dari itu, kami menawarkan opsi pengiriman same day dan gratis ongkir yang dijamin oleh kurir terpercaya? Di Million Bloom aja!

Kami memiliki toko bunga di Jakarta, Medan, Lampung, Surabaya dan 50 kota lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, langsung pesan sekarang! Ikuti juga akun Instagram Million Bloom di @themillionbloom, Twitter di @millionbloom, dan TikTok @millionbloom untuk berbagai informasi terbaru tentang produk bunga kami serta promo menarik.