Bunga Pengantin Jawa: Kenal Lebih Dekat dengan Adat Jawa

Updated on   by  Tiara Amara
Bunga Pengantin Jawa: Kenal Lebih Dekat dengan Adat Jawa

ON THIS PAGE

Hi, Blooms!

Budaya Jawa adalah salah satu budaya terbesar di Indonesia dimana populasi yang diduduki oleh adat Jawa adalah dari 41% dari seluruh jumlah penduduk di Indonesia. Dengan banyak dan luasnya budaya Jawa, terdapat satu hal yang dimiliki kesamaan oleh budaya Jawa, yaitu pernikahan yang umumnya di lakukan dengan adat dan istiadat yang sama. 

Pada kesempatan kali ini, Million Bloom akan membahas apa saja bunga yang di gunakan oleh pengantin Jawa dalam pernikahannya. Who knows, bunga yang kamu miliki akan menjadi sebuah manifestasi kepada pasangan kamu nanti! 

Baca Juga: Rekomendasi Kado Valentine Agar Orang Tersayang Tersentuh

Dalam budaya Jawa, terdapat beberapa jenis bunga yang sering digunakan dalam upacara pernikahan sebagai simbol keindahan, kesucian, dan harapan. Berikut adalah beberapa bunga pengantin Jawa yang umum digunakan:

  • Melati: Melati adalah bunga yang sangat populer dalam tradisi pernikahan Jawa. Bunga ini melambangkan kesucian, kecantikan, dan keabadian. Melati sering digunakan sebagai hiasan di rambut pengantin atau di sekitar tempat pernikahan sebagai simbol kemurnian dan keindahan.
  • Kenanga: Kenanga juga merupakan bunga yang sering digunakan dalam pernikahan Jawa. Bunga ini memiliki aroma yang khas dan melambangkan keanggunan, kelembutan, serta ketulusan cinta. Kenanga biasanya dijadikan rangkaian bunga atau hiasan di meja pernikahan.
  • Cempaka: Bunga cempaka juga sering digunakan dalam upacara pernikahan Jawa. Bunga ini melambangkan keindahan, keharuman, dan kemakmuran. Cempaka dapat ditemukan dalam berbagai warna, seperti putih, kuning, atau merah muda, dan biasanya digunakan dalam hiasan dekoratif.
  • Kamboja: Kamboja adalah bunga yang sangat khas dalam budaya Jawa. Bunga ini melambangkan keindahan, keberanian, dan kesucian. Kamboja sering digunakan dalam hiasan pernikahan, baik sebagai rangkaian bunga, hiasan meja, atau hiasan pelaminan.
  • Kembang Sepatu: Bunga ini melambangkan kebahagiaan, kegembiraan, dan kesuksesan. Kembang Sepatu biasanya dijadikan hiasan di meja pernikahan atau dalam rangkaian bunga.

Dari setiap bunga yang di gunakan dalam pernikahan Jawa, setiap bunga memiliki makna dan simboliknya sendiri dalam budaya Jawa. Lebih lagi, masih banyak bunga yang di gunakan dalam pernikahan Jawa selain di atas yang akan memeriahkan pernikahan yang di jalankannya. 

Pemilihan bunga pengantin Jawa juga biasanya mengikuti tradisi dan preferensi pribadi, serta dipilih untuk mencerminkan nilai-nilai yang dihormati dalam pernikahan Jawa.

Baca Juga: 8 Tips Mempersiapkan Bridal Shower Sederhana

Untuk mempersiapkan pernikahan juga kamu dapat memberikan beberapa buket bunga yang di miliki Million Bloom di bawah ini: 

Rekomendasi Buket Bunga Identik dengan Pernikahan

Winter Wonderland, bunga dari Million Bloom ini terdiri dari bunga mawar putih yang mekar dan berkualitas. Dengan warna putih yang suci dan polos ini, kamu dapat menyatakan cintamu yang suci dan harapan yang besar dari baby's breath yang dimiliki buket bunga ini.  

Angelic Beauty, bunga dari Million Bloom ini adalah pilihan yang sempurna untuk  kamu yang ingin mengungkapkan rasa sayang yang tulus dengan bunga lily yang elegan. Dipadu dengan warna putih, bunga ini adalah simbol yang suci dan elegan untuk di berikan kepada orang yang kamu sayangi! 

 

White Serenity, buket bunga meja dari Million Bloom ini memiliki kombinasi bunga mawar putih, lily, dan alstroemeria yang akan memberikan kesan kenyamanan dan keanggunan di mana pun ia di pajang. Dengan memberikan bunga bernuansa elegan ini, kamu akan menyatakan rasa kasih sayang dan kehormatan yang kamu ingin ungkapkan.  

Published on  Updated on   by  Tiara Amara
floating-banner

Toko Bunga Million Bloom

Toko bunga online yang menjangkau seluruh Indonesia. Lahir dari tangan profesional dan bunga lokal, kami siap menerima pesanan anda, dari manapun dan kapanpun. Lebih dari itu, kami menawarkan opsi pengiriman same day dan gratis ongkir yang dijamin oleh kurir terpercaya? Di Million Bloom aja!

Kami memiliki toko bunga di Jakarta, Medan, Lampung, Surabaya dan 50 kota lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, langsung pesan sekarang! Ikuti juga akun Instagram Million Bloom di @themillionbloom, Twitter di @millionbloom, dan TikTok @millionbloom untuk berbagai informasi terbaru tentang produk bunga kami serta promo menarik.