15 Tempat Wisata di Jakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Temukan petualangan seru dengan menjelajahi tempat wisata di Jakarta! Baca selengkapnya untuk mendapatkan pengalaman wisata di Jakarta yang tak terlupakan!

Updated on   by  Avellyne Sherman
tempat wisata di Jakarta

ON THIS PAGE

Hi Bloom! Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta jadi kota metropolitan yang penuh dengan kehidupan dan warisan budaya. Di balik hiruk pikuknya, Jakarta menyimpan banyak tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tapi, mungkin kamu masih bingung tempat wisata di Jakarta apa saja yang worth untuk dikunjungi.

Eits tenang aja, karena artikel Million Bloom kali ini akan mengajak kamu menjelajahi 15 tempat wisata di Jakarta yang harus ada dalam itinerary kamu. Mulai dari situs bersejarah yang mengesankan hingga kehidupan malam yang meriah, Jakarta menawarkan berbagai pilihan tempat untuk dinikmati semua kalangan. Penasaran daftar nya apa saja? Yuk kita kupas bersama!

Tempat Wisata Ikonik di Jakarta

Monumen Nasional (Monas)

tempat wisata di Jakarta

Pasti kamu sudah tidak asing dengan tempat wisata di Jakarta yang satu ini. Ya, Monumen Nasional atau yang biasa dikenal Monas merupakan landmark yang menjadi simbol perjuangan dan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dibangun atas prakarsa Presiden Soekarno, Monas berlokasi di Jakarta Pusat dan diresmikan pada tahun 1967.

Ketika kamu mengunjungi Monas, kamu tidak hanya berekreasi semata, namun kamu juga bisa belajar sejarah Indonesia dengan mengunjungi Museum Sejarah Nasional yang ada di dalam Monas. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah dan diorama yang menceritakan kisah perjuangan bangsa Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa merasakan sensasi menaiki lift menuju puncak Monas untuk menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian 132 meter. 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tempat wisata di Jakarta

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya yakni sebuah taman rekreasi yang berlokasi di Jakarta Timur, yakni Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Taman Mini Indonesia Indah merupakan taman wisata budaya yang menghadirkan miniatur Indonesia dalam satu tempat.

TMII menawarkan pengalaman unik bagi kamu yang ingin mengenal kekayaan budaya dan tradisi dari 37 provinsi di Indonesia. Kamu dapat menjelajahi anjungan daerah yang menampilkan rumah adat, pakaian tradisional, tarian daerah, dan berbagai pertunjukan budaya lainnya. Selain itu, TMII juga memiliki berbagai wahana menarik yang bisa kamu nikmati selama kamu berkunjung, seperti museum, taman hiburan, hingga taman flora dan fauna. 

Kebun Binatang Ragunan

tempat wisata di Jakarta

Jika kamu ingin berinteraksi dengan satwa, Kebun Binatang Ragunan menjadi tempat wisata di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Terletak di Jakarta Selatan, Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi keluarga di Indonesia.

Kebun Binatang Ragunan berdiri di atas lahan seluas 140 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 koleksi satwa dari berbagai penjuru dunia.  Di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan satwa yang lucu dan menggemaskan, seperti orangutan, komodo, gajah, jerapah, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, kamu dapat berkeliling Kebun Binatang Ragunan dengan berjalan kaki, menyewa kereta, atau menggunakan bus keliling. 

Museum Fatahillah

tempat wisata di Jakarta

Berkunjung ke Jakarta tak lengkap rasanya bila belum menjelajahi Museum Fatahillah. Terletak di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Museum Fatahillah dibangun sebagai Balai Kota Batavia pada tahun 1707 sehingga museum ini menyimpan segudang cerita tentang masa lampau Jakarta. 

Ketika kamu memasuki museum ini, kamu akan disuguhkan dengan arsitektur bergaya Belanda yang megah dan antik. Di dalam museum ini, terdapat berbagai koleksi benda bersejarah yang menceritakan kisah Jakarta sejak masa prasejarah hingga era kolonialisme Belanda. Selain menikmati koleksi museum, kamu juga bisa bersantai di taman yang berada di halaman museum sambil menikmati pertunjukan seni yang sering diadakan di Museum Fatahillah. 

Taman Impian Jaya Ancol

tempat wisata di Jakarta

Jika kamu mencari pengalaman atraksi di Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Jakarta yang menawarkan berbagai wahana menarik untuk semua kalangan usia. Terletak di pesisir Jakarta Utara, Ancol menghadirkan perpaduan sempurna antara wisata pantai, taman hiburan, hingga edukasi.

Taman Impian Jaya Ancol memiliki berbagai destinasi wisata dalam satu kawasan, diantaranya Pantai Ancol, Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, Kolam Renang Atlantis, Samudra, Ecopark, hingga Jakarta Bird Land. Selain atraksi, Taman Impian Jaya Ancol juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan, sehingga pengunjung dapat menikmati pengalaman wisata yang lengkap dan nyaman.

Baca juga: 15 Rekomendasi Hotel di Jakarta: Pilihan untuk Long Weekend!

Kawasan Glodok Pancoran

tempat wisata di Jakarta

Bagi pecinta kuliner, Kawasan Glodok Pancoran adalah tempat wisata di Jakarta sekaligus pusat budaya dan kuliner yang tak boleh kamu lewatkan. Terletak di bilangan Jakarta Barat, Kawasan Glodok terkenal sebagai Pecinan terbesar di Jakarta. 

Ketika mengunjungi Kawasan Glodok, kamu bisa menemukan berbagai hidangan khas Tionghoa yang lezat, seperti bakmi, capcay, dan dimsum. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Indonesia lainnya, seperti nasi goreng, sate, dan bakso. Sembari menikmati kuliner, kamu juga bisa merasakan atmosfer budaya Tionghoa yang kental karena Kawasan Glodok Pancoran dihiasi dengan ornamen khas Tionghoa, seperti lampion merah dan klenteng megah.

Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Bagi kamu si pecinta seni, Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) adalah tempat wisata Instagramable yang wajib kamu kunjungi di Jakarta. Museum ini menjadi rumah bagi koleksi seni modern dan kontemporer yang luar biasa, baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Berlokasi di Jakarta Barat, Museum MACAN menjadi salah satu museum paling populer di Jakarta karena pengunjung dapat menikmati berbagai pameran seni yang selalu berganti, dengan menampilkan karya-karya seniman ternama dari berbagai negara. Selain pameran seni, Museum MACAN juga menawarkan berbagai program edukasi dan acara menarik, seperti workshop, talkshow, dan pertunjukan seni. Setelah menikmati pameran di dalam, kamu bisa bersantai di kafe atau berbelanja souvenir yang ditawarkan Museum MACAN.

Jakarta Aquarium & Safari

Tempat wisata Instagramable di Jakarta selanjutnya yakni sebuah wahana akuarium besar yang bertempat di pusat perbelajaan Neo Soho Mall, Jakarta Barat. Ya, Jakarta Aquarium & Safari menghadirkan lebih dari 5.000 biota laut dari berbagai penjuru dunia, mulai dari ikan-ikan kecil yang cantik hingga hiu yang gagah.

Jakarta Aquarium & Safari menawarkan wisata menyenangkan bagi pengunjung segala usia. Kamu dapat menjelajahi berbagai zona akuarium yang tersedia, seperti zona terumbu karang, zona hutan bakau, hingga zona predator sekaligus berinteraksi dengan beberapa biota laut di zona Animal Encounter. Tidak hanya menawarkan wisata saja, Jakarta Aquarium & Safari juga menyediakan pertunjukan menarik, seperti teater bawah laut, feeding time, dan pertunjukan lumba-lumba. Untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal, kamu dapat mencoba wahana Aqua Trekking atau Submarine Simulator.

MOJA Museum

Bagi para pecinta seni dan fotografi, MOJA Museum adalah surga interaktif yang wajib dikunjungi di Jakarta. Museum ini menghadirkan berbagai instalasi seni yang unik sehingga menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto dan bersenang-senang, terutama bagi para anak muda yang ingin mencari tempat wisata Instagramable di Jakarta.

Berlokasi di Stadium Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, MOJA Museum memiliki beberapa ruang pameran dengan tema yang berbeda-beda, seperti ROJA, MOPAINT, MOJA ART LAND, serta MOJA Photo Studio. Di setiap ruang, kamu dapat berinteraksi dengan instalasi seni yang didesain dengan kreatif dan penuh warna. 

Rp2499K
Passionate Love

Passionate Love

Rp749K
Heavenly Whites

Heavenly Whites

Rp499K
Pure Love

Pure Love

Rp599K
Never Forgotten

Never Forgotten

Rp599K
Milestone Moment

Milestone Moment

Rp599K
Everlasting Euphoria

Everlasting Euphoria

Rp1299K
Deepest Sympathy

Deepest Sympathy

Rp1499K
Applause Assortment

Applause Assortment

Rp1699K
Festive Fiesta

Festive Fiesta

Rp449K
Moonlit Roses

Moonlit Roses

Rp849K
Blossom Bear

Blossom Bear

599K
Amore Rosebud

Amore Rosebud

Pantai Aloha PIK

Jika kamu ingin merasakan sensasi berlibur di pantai tropis tanpa harus jauh-jauh dari Jakarta, kamu bisa mengunjungi tempat wisata pantai terbaru di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, yakni Pantai Aloha PIK. Pantai Aloha PIK akan memanjakanmu dengan keindahan pasir putih, laut yang biru, dan berbagai fasilitas menarik.

Pantai Aloha PIK menawarkan suasana pantai yang terinspirasi dari Hawaii, lengkap dengan deretan restoran dan kafe bernuansa pantai yang menyajikan berbagai kuliner lezat. Di Pantai Aloha PIK, kamu juga dapat menemukan taman bermain anak serta spot-spot foto instagramable di berbagai sudut pantai. 

Tebet Eco Park

Jika kamu mencari tempat wisata instagramable di Jakarta yang asri dan ramah lingkungan, Tebet Eco Park bisa jadi destinasi kamu untuk menghindar dari kesibukan kota Jakarta. Pernah dikenal sebagai Taman Tebet, taman kota seluas 7 hektar yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan ini menjadi salah satu primadona baru di ibukota.

Tebet Eco Park menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas menarik untuk pengunjung dari segala usia. Di sini, kamu bisa berolahraga, bermain, hingga bersantai di taman yang rindang. Kamu juga bisa menikmati fasilitas yang tersedia di Tebet Eco Park, seperti Plaza, Community Garden,Forest Buffer, Wetland Boardwalk, Children Playground, Infinity Link Bridge, Thematic Garden, hingga Community Lawn. 

Tempat Wisata di Jakarta 24 Jam

Kawasan Blok M

Dikenal sebagai kawasan yang tidak pernah tidur, Kawasan Blok M menjadi tempat wisata di Jakarta yang selalu hidup selama 24 jam. Pusat perbelanjaan dan kuliner yang berlokasi di Jakarta Selatan ini menawarkan berbagai pilihan wisata menarik yang bisa kamu nikmati dari pagi hingga malam hari. 

Di pagi dan siang hari, kamu bisa berburu berbagai macam barang di toko-toko yang berjejer rapi di sepanjang Jalan Melawai dan Jalan Panglima Polim. Ketika malam tiba, Blok M menjelma menjadi surga kuliner dan hiburan. Berbagai restoran, kafe, dan jajanan kaki lima bermunculan, menawarkan aneka ragam cita rasa yang menggoda selera. Tak hanya itu, Blok M juga menjadi tempat berkumpulnya para seniman dan musisi. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai pertunjukan musik, seni jalanan, dan pameran seni yang menarik untuk ditonton.

Kawasan Wisata Kota Tua

Kawasan Wisata Kota Tua menjadi tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi sepanjang hari karena komplek wisata sejarah ini buka selama 24 jam dalam sehari. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau pasangan tanpa perlu memikirkan waktu tutup.

Siang hari, kamu bisa jelajahi bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Belanda seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Benteng Jakarta. Di sore hari, kamu bisa menikmati suasana romantis saat senja menyapa Kota Tua dengan bersantai di taman atau kafe-kafe bernuansa vintage, sambil menikmati jajanan khas dan camilan lezat. Ketika malam tiba, Kota Tua menjelma menjadi tempat yang gemerlap dan penuh hiburan. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan seni budaya yang memukau dan nikmati alunan musik live di halaman Museum Fatahillah.

La Riviera PIK 2

La Riviera PIK 2 adalah tempat wisata yang sempurna bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu malam yang seru dan berkesan di Jakarta. Kawasan wisata ini menawarkan berbagai pilihan hiburan dan kuliner yang siap memanjakanmu sepanjang malam.

Ruko-ruko La Riviera PIK 2 didesain dengan arsitektur bergaya Eropa yang indah dan instagramable. Berbagai spot foto menarik bisa kamu temukan di sini, seperti kanal-kanal air dengan rumah-rumah berwarna pastel, menara Eiffel mini, dan kincir angin Belanda. Setelah berjelajah, kamu bisa menyantap hidangan lezat dari berbagai restoran dan kafe yang buka hingga larut malam. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati live music di beberapa kafe dan bar di sekitar La Riviera PIK 2. 

Kawasan Kemang

Kawasan Kemang di Jakarta Selatan terkenal sebagai surga kuliner dan hiburan yang tak pernah tidur. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai pilihan tempat makan, kafe, dan bar yang buka 24 jam non-stop.

Bagi pecinta kuliner, Kemang menawarkan beragam pilihan makanan. Kamu bisa mencicipi hidangan khas Indonesia yang lezat di warung kaki lima, menikmati steak juicy di restoran mewah, atau menyantap ramen autentik di kedai Jepang. Pecinta hiburan pun tak akan kecewa jika berkunjung ke Kemang. Berbagai kafe dan bar di sini menghadirkan live music, DJ performance, dan berbagai acara menarik lainnya yang berlangsung hingga larut malam.

Kesimpulan

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta menjadi kota yang dinamis dan akan selalu berkembang. Dengan begitu banyak tempat wisata yang ditawarkan, tidak heran jika Jakarta menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Dari gemerlapnya Monas hingga gemerlapnya kehidupan Blok M, kamu bisa menemukan petualangan yang tak terlupakan di Jakarta.

Jika kamu berencana untuk menghabiskan liburanmu di Jakarta, kamu bisa mempertimbangkan 15 tempat wisata ini dalam daftar perjalanan kamu. Jadi, kemas tas kamu, siapkan kamera, dan bersiaplah untuk menjelajahi keindahan dan keanekaragaman kota yang tiada duanya ini. Selamat berpetualang dan selamat bersenang-senang!

Published on  Updated on   by  Avellyne Sherman
floating-banner

Toko Bunga Million Bloom

Toko bunga online yang menjangkau seluruh Indonesia. Lahir dari tangan profesional dan bunga lokal, kami siap menerima pesanan anda, dari manapun dan kapanpun. Lebih dari itu, kami menawarkan opsi pengiriman same day dan gratis ongkir yang dijamin oleh kurir terpercaya? Di Million Bloom aja!

Kami memiliki toko bunga di Jakarta, Medan, Lampung, Surabaya dan 50 kota lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, langsung pesan sekarang! Ikuti juga akun Instagram Million Bloom di @themillionbloom, Twitter di @millionbloom, dan TikTok @millionbloom untuk berbagai informasi terbaru tentang produk bunga kami serta promo menarik.