Bunga Tulip Berasal Dari Negara Apa? Begini Kisahnya!

Penasaran bunga tulip berasal dari negara apa? Temukan asal usul menarik bunga tulip dan perjalanannya antar benua dalam artikel ini!

Updated on   by  Avellyne Sherman
bunga tulip berasal dari negara

ON THIS PAGE

Hi Blooms! Ketika kamu mendengar kata "Tulip" pasti kamu langsung terbayang hamparan ladang bunga Tulip di Belanda. Memang bunga Tulip sudah lama menjadi ikon "Negeri Kincir Angin" ini. Biasanya wisatawan dari berbagai negara mengunjungi Belanda untuk menikmati keindahan ladang Tulip yang membuat tanaman ini seolah-olah menjadi identitas nasional negara tersebut. Namun, tahukah kamu bahwa bunga cantik ini bukan berasal dari Belanda? Lantas bunga tulip berasal dari negara apa?

Artikel Million Bloom kali ini akan membawa kamu melintasi kisah perjalanan bunga Tulip dari negara asalnya hingga sampai di Belanda. Yuk simak artikelnya!

Baca juga: Bunga Bulan Maret: Kecantikan yang Menyambut Musim Semi

hari perempuan internasional

Bunga Tulip Berasal Dari Negara?

bunga tulip berasal dari negara

Meskipun bunga Tulip menjadi ikon Belanda, namun terdapat fakta menarik bahwa Tulip tidak berasal Belanda melainkan dari Turki. Dilansir dari Wikipedia, bunga Tulip pada awalnya tumbuh subur di daerah pegunungan Asia Tengah dan Asia Barat. Mengetahui hal ini, Kerajaan Ottoman Turki terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga Tulip dan mulai membudidayakan bunga Tulip sejak tahun 1000.

Sementara kata "Tulip" sendiri berasal dari bahasa Persia “Tulipan” yang berarti "Turban" yang mengacu pada penutup kepala yang dikenakan orang Persia zaman dulu. Selain itu, Tulip juga sudah lama dijadikan motif dalam berbagai ornamen Turki dan Persia.

Baca juga: Rahasia di Balik Warna-warni Bunga Tulip

Perjalanan Bunga Tulip ke Eropa hingga "Tulip Mania"

bunga tulip berasal dari negara

Merujuk pada Indozone Travel, saat Turki dipimpin oleh Sultan Suleimen II pada tahun 1550, istana kerajaan dipenuhi bunga Tulip yang cantik. Sejak saat itu, Sultan Turki kemudian memberikan beberapa bunga Tulip kepada Duta Besar Austria yang kemudian diberikan kepada seorang ahli botani Belanda bernama Carolus Clusius. Carolus diketahui menjadi orang yang menanam Tulip untuk pertama kalinya di Belanda pada tahun 1593. 

Berbeda dengan bunga lainnya di Eropa, Tulip memiliki ciri khasnya tersendiri dimana bunga tersebut memiliki warna kelopak yang sangat pekat. Dalam waktu singkat, Tulip menjadi barang mewah yang didambakan. Akibat banyaknya permintaan bunga ini dengan kondisi benih yang buruk menyebabkan petani harus menaikkan harga bunga, hingga Belanda mengalami sebuah fenomena ekonomi bernama "Tulip Mania" pada awal abad ke-17.

Baca juga: 7 Fakta Menakjubkan Tentang Arti Bunga Tulip yang Mengejutkan!

Rekomendasi Bunga Tulip dari Million Bloom

Golden Radiance

Golden Radiance

Buket bunga Golden Radiance dari Million Bloom merupakan pilihan bunga tulip terbaik bagi kamu yang ingin menyampaikan pesan kebahagiaan, kegembiraan, atau persahabatan. Setiap buket dirangkai dengan hati dan dapat disesuaikan dengan momen spesial, menjadian buket ini sebagai hadiah yang tidak hanya indah tapi juga penuh makna.

Mauve Magic

Mauve Magic

Buket bunga Mauve Magic dari Million Bloom merupakan pilihan bunga tulip terbaik untuk mengekspresikan berbagai emosi mulia seperti cinta, kebahagiaan, dan persahabatan. Setiap buketnya menawarkan pengalaman yang tak hanya menyentuh hati tapi juga memanjakan mata. Buket ini menjadi kado sempurna dengan keindahan, kemakmuran, dan kehidupan baru yang diwakilkan oleh bunga tulip.

Rainbow of Hope

Rainbow of Hope

Bunga Vas Rainbow of Hope dari Million Bloom menawarkan lebih dari sekedar rangkaian bunga; ia adalah perwujudan harapan, keberanian, dan cinta yang dijalin dalam setiap tangkai tulip warna-warni. Dengan komposisi yang cermat, setiap bunga tidak hanya membawa makna unik, tapi juga terangkai dalam sebuah desain yang elegan. Buket ini adalah cara sempurna untuk menyampaikan pesan cinta dan harapan, menjadikannya pilihan terbaik bagi siapa saja yang ingin memberikan kesan berharga dan indah melalui kekuatan bunga tulip.

Tulip Hari Ini

Hari ini, Belanda menjadi produsen bunga Tulip terbesar di dunia, dengan ladang-ladang tulip yang luas serta festival-festival bunga tulip yang menarik jutaan turis setiap tahunnya. Kebun dan pasar bunga seperti Keukenhof menampilkan berbagai varietas bunga Tulip, dari yang paling tradisional hingga varietas modern. Meskipun kini Belanda yang lebih populer dengan Tulip, kamu masih bisa menikmati keindahan bunga ini dari negara asalnya dengan menghadiri festival seperti Istanbul Tulip Festival. 

Kesimpulan

Dengan sejarah dan perjalanannya yang panjang dari Asia Tengah hingga menjadi ikon Belanda, bunga Tulip menjadi bukti dari keindahan alam yang dapat menyatukan budaya dan sejarah dari berbagai belahan dunia. Kisah bunga tulip mengajarkan kita tentang keindahan, kegilaan ekonomi, dan adaptasi. Jika kamu mencari bunga tulip, kamu bisa kunjungi Million Bloom untuk mendapatkan bunga yang segar dan berkualitas. Cek halaman koleksi bunga Tulip Million Bloom sekarang!

Published on  Updated on   by  Avellyne Sherman
floating-banner

Toko Bunga Million Bloom

Toko bunga online yang menjangkau seluruh Indonesia. Lahir dari tangan profesional dan bunga lokal, kami siap menerima pesanan anda, dari manapun dan kapanpun. Lebih dari itu, kami menawarkan opsi pengiriman same day dan gratis ongkir yang dijamin oleh kurir terpercaya? Di Million Bloom aja!

Kami memiliki toko bunga di Jakarta, Medan, Lampung, Surabaya dan 50 kota lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, langsung pesan sekarang! Ikuti juga akun Instagram Million Bloom di @themillionbloom, Twitter di @millionbloom, dan TikTok @millionbloom untuk berbagai informasi terbaru tentang produk bunga kami serta promo menarik.