5 Fakta Menakjubkan tentang Bunga Mawar yang Belum Kamu Ketahui

Updated on   by  Laila Larasati
5 Fakta Menakjubkan tentang Bunga Mawar yang Belum Kamu Ketahui - The Million Bloom®

ON THIS PAGE

Bunga mawar telah digunakan berabad-abad sebagai simbol cinta dan romantisme. Namun percayalah, ia lebih dari sekedar hadiah yang diberikan saat hari Valentine.

Bunga mawar hadir dalam berbagai rangkaian bentuk, ukuran, dan corak yang menakjubkan, menjadikannya bunga yang benar-benar si-paling-favorit di dunia.

Ada lebih dari 150 jenis mawar yang tumbuh, entah ssebagai tanaman liar, tanaman hias, hingga jadi bunga taburan yang berziarah.

Namun, ada beberapa fakta mengejutkan tentang mawar, yang mungkin saja bisa memberikan kamu perspektif baru tentang bunga klasik ini.

Salah satu bunga tertua di dunia

Bunga mawar telah ada selama jutaan tahun dan diberikan predikat sebagai salah satu bunga tertua di dunia. Sejarah bunga mawar dapat dilacak kembali ke sekitar 35 juta tahun yang lalu, di mana fosil-fosil bunga mawar telah ditemukan di Amerika Utara dan Eropa.

Ia diketahui telah ada sejak zaman kuno dan menjadi populer di Persia pada abad ke-12, kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi sangat populer di era Victoria di Inggris pada abad ke-19.

Saat itu, orang-orang mulai mengembangkan varietas mawar baru yang beragam, dengan warna dan bentuk yang berbeda-beda.

Mengandung vitamin C

Bunga mawar, terutama kelopak bunga mawarnya, memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang. Salah satu manfaat tersebut adalah kandungan vitamin C yang terdapat pada bunga mawar.

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan berfungsi dengan baik.

Bunga mawar mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kelopak bunga mawar mengandung sekitar 10 kali lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk yang dikenal sebagai sumber vitamin C.

Dalam bentuk kering, kandungan vitamin C pada bunga mawar bahkan bisa mencapai 60 kali lebih tinggi daripada pada buah jeruk.

Punya arti warna berbeda

Mawar memang menjadi simbol cinta, tetapi warna setiap bunga mawar punya makna berbeda. Bahkan, makna ini berbeda dalam setiap budaya. Berikut makna bunga mawar berdasarkan warnanya:

  • Mawar merah: melambangkan cinta dan romantis
  • Mawar putih: melambangkan kemurnian, ketulusan
  • Mawar merah muda: melambangkan keanggunan dan kebahagiaan
  • Mawar kuning: mewakili persahabatan dan keceriaan
  • Mawar oranye: mewakiliki antusiasme dan energi

Pernah jadi bunga termahal di dunia

Bunga mawar varietas Blue Diamond pernah menjadi salah satu bunga mawar termahal yang dijual di dunia. Saat itu, perusahaan bunga mawar bernama Sylvia’s Garden di Belgia menjualnya dengan harga mencapai lebih dari 5 ribu dolar AS.

Bukan tanpa alasan harga fantastis tersebut diberikan. Pasalnya bunga mawar itu punya warna yang langka dan sulit ditemukan di alam, yakni ungu kebiruan yang indah—hasil proses rekayasa genetika.

Blue Diamond awalnya hanya dijual kepada beberapa konsumen kaya dan perusahaan mewah, namun sejak itu variasi warna ini telah dibudidayakan dan dijual dengan harga yang lebih terjangkau bagi orang-orang yang ingin menikmati keindahan bunga mawar ini.

Meskipun Blue Diamond pernah menjadi bunga mawar termahal di dunia, tetapi seiring perkembangan waktu, banyak varietas mawar lainnya yang muncul dengan harga yang lebih tinggi.

Hal ini menunjukkan betapa bunga mawar memiliki nilai yang tinggi dan selalu menjadi bunga yang sangat dihargai di seluruh dunia.

Bunga mawar bisa dikonsumsi

Beberapa jenis bunga mawar dapat dikonsumsi dan dimanfaatkan dalam berbagai macam masakan dan minuman. Sebagai contoh, bunga mawar yang berasal dari jenis Rosa rugosa dapat dimakan mentah atau dimasak sebagai bagian dari makanan atau minuman.

Bunga mawar juga sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan minuman seperti teh atau sirup. Teh bunga mawar biasanya dibuat dengan merebus bunga mawar segar dalam air panas, kemudian dicampur dengan gula atau madu sebagai pemanis.

Selain itu, bunga mawar juga digunakan dalam pembuatan minuman khas seperti arak dan minuman keras lainnya. Ia juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan makanan penutup seperti kue dan pudding.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua jenis bunga mawar dapat dikonsumsi, beberapa jenis mawar yang dijual di pasar bunga biasanya telah diberikan bahan kimia seperti pestisida atau insektisida, sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Selain itu, ia juga dapat memiliki efek samping pada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap bunga tertentu.

Karena itu buat kamu yang tertantang untuk cobain bagaimana rasanya makan bunga mawar (entah untuk tujuan kesehatan atau untuk kuliner), kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

Beberapa fakta menarik di atas membuktikan bahwa bunga mawar tak hanya sekedar populer, namun ia juga mempunyai khasiat dan daya tarik sendiri.

Karena keindahannya yang khas itulah, ia masih sering muncul dalam karya seni dan sastra, seperti puisi, lukisan, dan film. 

Published on  Updated on   by  Laila Larasati
floating-banner

Toko Bunga Million Bloom

Toko bunga online yang menjangkau seluruh Indonesia. Lahir dari tangan profesional dan bunga lokal, kami siap menerima pesanan anda, dari manapun dan kapanpun. Lebih dari itu, kami menawarkan opsi pengiriman same day dan gratis ongkir yang dijamin oleh kurir terpercaya? Di Million Bloom aja!

Kami memiliki toko bunga di Jakarta, Medan, Lampung, Surabaya dan 50 kota lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, langsung pesan sekarang! Ikuti juga akun Instagram Million Bloom di @themillionbloom, Twitter di @millionbloom, dan TikTok @millionbloom untuk berbagai informasi terbaru tentang produk bunga kami serta promo menarik.