Apa yang dimaksud dengan Zodiak? Ini Pengertian, Jenis, dan Sifat 12 Zodiak!

Ingin tahu apa yang dimaksud dengan zodiak? Artikel ini akan mengupas tuntas dari pengertian, jenis, hingga sifat 12 zodiak!

Updated on   by  Avellyne Sherman
Apa yang dimaksud dengan Zodiak? Ini Pengertian, Jenis, dan Sifat 12 Zodiak!

ON THIS PAGE

Hi Blooms! Apa yang terbayang di pikiran kamu ketika mendengar istilah 'zodiak'? Belakangan ini, istilah 'zodiak' memang sedang ramai dibicarakan, terutama di kalangan Gen Z. Biasanya, zodiak dikaitkan dengan ramalan atau prediksi dalam kehidupan, seperti karir, keberuntungan, hingga percintaan. Banyak kalangan yang merasa relate ketika mereka melihat atau membaca narasi tentang zodiak yang berkaitan dengan hal-hal tersebut. Tapi pernah gak sih kamu membayangkan "apa yang dimaksud dengan zodiak?".

Artikel Million Bloom kali ini akan mengupas tuntas fakta seputar zodiak, mulai dari pengertian, jenis, hingga sifat 12 zodiak yang ada. Penasaran seperti apa? Mari kita bahas bersama!

Baca juga: 60 Kado Valentine Sesuai Zodiak Buat Nyatain Cinta, Dijamin Ampuh!

Apa yang dimaksud dengan Zodiak? 

apa yang dimaksud dengan zodiak

Melansir dari Wikipedia, zodiak secara astronomi adalah sebuah sabuk khayal langit berukuran 18° dan membentang sekitar 8 derajat di utara dan selatan dari ekliptika yang tampak melintasi langit selama setahun. Sabuk ini terbagi menjadi 12 bagian yang mewakili rasi bintang, diantaranya Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces. Kata 'zodiak' sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno zōidiakòs kýklos yang berarti "lingkaran hewan-hewan kecil". Hal ini menjadi latar belakang nama dan lambang zodiak berasal dari hewan-hewan mitologi kuno.

Secara astrologi, zodiak menjadi acuan untuk menentukan karakter dan nasib manusia dengan mempelajari gerakan benda tata surya. Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda tata surya di dalam rasi bintang zodiak sesuai dengan tanggal lahir. Misalnya, orang yang lahir pada awal Januari memiliki zodiak Capricorn karena pada waktu tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Capricorn.

apa yang dimaksud dengan zodiak

Dari 12 zodiak yang ada, setiap zodiak memiliki elemen dan kekuatan unik. Salah satu cara untuk mengkategorikan zodiak yakni berdasarkan modalitas yang bersifat kardinal (cardinal sign), tetap (fixed sign), atau bisa berubah (mutable sign). 

Zodiak yang memiliki modalitas cardinal biasanya merupakan seorang penggagas, bisa diandalkan, serta visioner sehingga energi yang dibawa dinilai dapat membantu orang lain dalam memulai kehidupan baru mereka. Zodiak yang memiliki modalitas cardinal diantaranya Aries, Libra, Capricorn, dan Cancer.

Sementara zodiak yang memiliki modalitas fixed dinilai mampu mengeksekusi ide dari zodiak cardinal dan dapat diandalkan untuk melewati bagian tersulit dari situasi apa pun. Zodiak yang memiliki modalitas fixed yakni Taurus, Scorpio, Leo, dan Aquarius.

Disamping itu, zodiak dengan modalitas mutable dikenal sebagai pribadi yang fleksibel, bisa menerima perubahan, dan dapat mengikuti arus. Zodiak dengan modalitas mutable diantaranya Gemini, Sagittarius, Virgo, and Pisces. 

Baca juga: 20 Maret Zodiak Apa? Ramalan Unik yang Bikin Kamu Tertarik!

Sifat Zodiak

apa yang dimaksud dengan zodiak

Selain modalitas, sifat zodiak juga bisa dikategorikan berdasarkan energi yang mereka miliki. Energi zodiak terdiri dari air (water sign), tanah (earth sign), api (fire sign), dan udara (air sign). Merangkum dari wolipop, berikut adalah pembagian sifat zodiak berdasarkan energi nya:

Aries (21 Maret - 19 April)

Aries dikenal sebagai pemimpin yang berani dan energik karena memiliki energi maskulin dari api (fire sign) dan dipengaruhi planet Merkurius. Orang yang memiliki zodiak ini bersifat terang-terangan, lincah, terkadang bertindak terlalu cepat, dan bisa jadi sedikit egois. Dilambangkan dengan domba jantan, mereka bertekad dan siap menghadapi tantangan.

Taurus (20 April - 20 Mei)

Sebagai zodiak dengan energi tanah (earth sign), orang yang memiliki zodiak Taurus dikenal sebagai pribadi yang stabil karena dipengaruhi planet Venus. Dikenal dapat diandalkan dan kuat, Taurus menyukai hal-hal yang baik dalam hidup dan dapat menjadi sangat teguh, seperti banteng. Taurus juga terkenal suportif dan mampu menangani situasi sulit.

Gemini (21 Mei - 20 Juni)

Gemini merupakan zodiak berenergi udara (air sign) yang dikenal sangat komunikatif dan fleksibel. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan untuk beradaptasi di situasi apa pun. Meskipun demikian, Gemini bisa mudah berubah pikiran dan terkadang cenderung tidak konsisten.

Cancer (21 Juni - 22 Juli)

Orang dengan zodiak Cancer dikenal sebagai sosok yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan orang-orang terdekatnya. Memiliki energi air (water sign), Cancer dikenal sebagai pribadi yang sensitif, penuh perhatian, setia, empati, dan sering kali sangat protektif terhadap orang-orang yang mereka cintai.

Leo (23 Juli - 22 Agustus)

Memiiki energi api (fire sign), Leo menjadi zodiak dengan sifat yang penuh semangat, karismatik, murah harilm dan penuh percaya diri. Mereka suka menjadi pusat perhatian dan memiliki sifat kepemimpinan yang kuat. Meskipun terkadang keras kepala, Leo cenderung tetap antusias. 

Virgo (23 Agustus - 22 September)

Sebagai zodiak dengan energi tanah (earth sign), orang dengan zodiak Virgo dikenal sebagai individu yang teliti dan perhatian terhadap detail. Virgo cenderung ingin merapikan segala sesuatu dan fokus pada detail sehingga zodiak ini juga dikenal sebagai zodiak yang perfeksionis.

Libra (23 September - 22 Oktober)

Dengan energi udara (air sign) dan direpresentasikan dengan timbangan, orang dengan zodiak Libra cenderung mencari keseimbangan dan keharmonisan dalam segala aspek kehidupan. Mereka senang bersikap adil, tapi terkadang kesulitan dalam membuat keputusan yang sulit.

Scorpio (23 Oktober - 21 November)

Scorpio merupakan zodiak berenergi air (water sign) dan dikenal menjadi zodiak yang penuh gairah, intens, dan misterius. Scorpio cenderung memiliki naluri yang kuat dan mencari kebenaran dalam setiap situasi. Mereka sangat setia dan dapat menjadi teman atau pasangan yang sangat protektif, tetapi juga dikenal karena sifat pencemburunya.

Sagittarius (22 November - 21 Desember)

Sebagai zodiak berenergi api (fire sign), Sagittarius menjadi zodiak yang mencintai kebebasan, optimis, dan suka petualangan. Orang yang berzodiak Sagittarius memiliki pikiran terbuka dan selalu mencari kebenaran dan pengetahuan. 

Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

Zodiak Capricorn dikenal karena disiplin dan tanggung jawabnya. Sebagai zodiak dengan energi tanah (earth sign), orang yang memiliki zodiak Capricorn merupakan individu pekerja keras dan serius dalam mengejar tujuan mereka, dengan ketekunan yang bisa menginspirasi banyak orang. Sama halnya seperti kambing, orang dengan zodiak Capricorn cenderung fokus pada pencapaian tujuan dan memiliki dedikasi yang kuat.

Aquarius (20 Januari - 18 Februari)

Sebagai zodiak dengan energi udara (air sign), Aquarius merupakan zodiak yang inovatif, mandiri, idealis, dan suka membantu orang lain. Mereka sangat independen dan sering kali memiliki cara berpikir yang berbeda dari yang lain. Disamping itu, Aquarius cenderung memiliki pemikiran maju dan peduli pada isu-isu kemanusiaan.

Pisces (19 Februari - 20 Maret)

Pisces merupakan zodiak dengan energi air (water sign) yang penuh empati, sensitif, dan sering kali sangat intuitif. Pisces cenderung memiliki imajinasi yang kaya dan empati tinggi terhadap orang lain. Mereka mencari kedalaman emosi dan koneksi spiritual dengan orang terdekatnya.

hari perempuan internasional

Kesimpulan

Mempelajari zodiak bukan hanya mengetahui tanggal lahir seseorang, tapi juga memahami sifat dan potensi yang mungkin dimilikinya. Perlu diperhatikan bahwa sifat yang dimiliki seseorang tidak hanya ditentukan oleh zodiaknya. Dengan mengenal lebih jauh tentang zodiak, kita dapat membuka pintu ke pemahaman yang lebih luas tentang diri kita dan orang-orang di sekitar kita. Selamat menjelajah, dan semoga kamu menemukan banyak kejutan menyenangkan di antara bintang-bintang!

Published on  Updated on   by  Avellyne Sherman
floating-banner

Toko Bunga Million Bloom

Toko bunga online yang menjangkau seluruh Indonesia. Lahir dari tangan profesional dan bunga lokal, kami siap menerima pesanan anda, dari manapun dan kapanpun. Lebih dari itu, kami menawarkan opsi pengiriman same day dan gratis ongkir yang dijamin oleh kurir terpercaya? Di Million Bloom aja!

Kami memiliki toko bunga di Jakarta, Medan, Lampung, Surabaya dan 50 kota lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, langsung pesan sekarang! Ikuti juga akun Instagram Million Bloom di @themillionbloom, Twitter di @millionbloom, dan TikTok @millionbloom untuk berbagai informasi terbaru tentang produk bunga kami serta promo menarik.